Sering Kambuh, Apakah Sinusitis Benar Bisa Sembuh Total?

288

dsf.jpgKebanyakan orang yang punya sinusitis sering mengeluhkan satu hal yang sama: gejala yang kambuh lagi, lagi, dan lagi meskipun telah diobati sebelumnya. Tak ayal, kambuhnya gangguan pernapasan ini lama-lama bisa bikin stres. Lantas apakah sinusitis bisa disembuhkan atau ini memang kondisi seumur hidup layaknya diabetes? Simak penjelasannya di sini.

Sinusitis bisa disembuhkan, tapi…

Sinusitis adalah gangguan pernapasan yang cukup umum ditemukan. Gangguan pernapasan ini terjadi ketika ada peradangan di bagian sinus hidung dan akhirnya membengkak, sehingga menutupi saluran napas. Peradangan sinus paling banyak dialami oleh orang dewasa, tetapi tidak menutup kemungkinan kalau anak-anak dapat memilikinya juga.

Jika Anda mengalami peradangan sinus yang tidak kunjung membaik, bisa jadi itu adalah sinusitis kronis. Sinusitis kronis adalah peradangan pada sinus yang berlangsung setidaknya selama 12 minggu atau lebih. Beda dengan peradangan sinus akut yang hanya terjadi paling lama hanya 4 minggu.

Sinusitis dapat disembuhkan. Namun untuk mencapai itu, pertama-tama Anda harus mencari tahu dulu apa penyebabnya sehingga Anda mendapatkan penanganan yang tepat. Selain infeksi bakteri dan virus, sinusitisyang sering kambuh juga dapat disebabkan oleh alergi, polip hidung, dan deviasi septum nasal (dinding tengah hidung yang bergeser).

Jika mau sembuh total, sinusitis harus diobati berdasarkan penyebabnya

Tujuan utama dari pengobatan sinusitis adalah untuk:

  • Mengurangi peradangan pada sinus
  • Menekan agar gejala sinusitis tidak kambuh lagi
  • Menghilangkan rasa sakit dan tidak nyaman pada hidung

Biasanya, penanganan sinusitis tidak membutuhkan pengobatan yang khusus. Gejala bisa ditangani dengan cara:

  • Mengonsumsi  obat penghilang rasa sakit
  • Menggunakan obat untuk melegakan saluran pernapasan
  • Kompres wajah menggunakan air hangat

Bila penyebabnya infeksi bakteri, maka antibiotik dapat membantu proses penyembuhan. Namun bila Anda memiliki polip dan deviasi septum nasal, maka Anda butuh penanganan lebih lanjut untuk kondisi ini. Karena meskipun sinusitis yang Anda alami sudah ditangani, peradangan sinus yang Anda alami dapat kambuh lagi di kemudian hari bila polip dan deviasi masih berlangsung.

Jika Anda memiliki riwayat alergi, misalnya alergi dingin atau debu, jangan heran bila sinusitis akan sering kambuh tiap Anda terpapar dingin atau debu. Solusinya adalah menjauhi alergen (hal-hal yang memicu alergi) dan mengontrol respon alergi. Misalnya bila Anda tiap pagi mengalami rhinitis yang ditandai dengan bersin-bersin dan hidung meler karena Anda alergi udara dingin di pagi hari. Maka mungkin ada baiknya untuk mengatur alarm AC kamar untuk mati beberapa jam sebelum waktunya Anda bangun pagi agar kamar sedikit menghangat. Pertimbangkan juga untuk memasang humidifier di rumah untuk menetralkan udara ruangan,

Dokter dapat meresepkan obat semprot hidung yang mengandung kortikosteroid. Bila digunakan dengan dosis dan aturan yang tepat, penggunaan ini dapat mengontrol respon alergi dan mencegah rhinitis berkembang menjadi peradangan sinus. Namun jangan gunakan sembarangan, karena obat ini malah bisa memperparah kondisi Anda.

Apakah saya harus melakukan operasi?

Bila memang antibiotik yang diberikan pada pasien dengan peradangan sinus kronis tidak mempan, maka hal terkahir yang akan menjadi opsi di dalam pengobatan Anda adalah operasi. Operasi bisa dilakukan untuk menghilangkan polip yang menyebabkan sinusitis. Operasi juga bisa dilakukan untuk membuka bukaan sinus yang menyempit dan mengeluarkan cairan yang terperangkap di dalamnya.

Sebagian besar operasi sinus ini akan berjalan berhasil dan mampu mencegah gejala peradangan sinus di kemudian hari. Biasanya dokter tetap akan memberikan antibiotik setelah operasi sinus.

Untuk mengetahui apakah Anda memerlukan operasi sinus, sebaiknya Anda tanyakan dan diskusikan hal ini pada dokter Anda.

SHARE