Polda Kepri Gelar Syukuran Acara syukuran Hari Jadi Polwan ke 69 tahu 2017

48
Batam – Kabid Humas Polda Kepri  Kombes Pol Drs. S. Erlangga menerangkan Tentang Syukuran hari jadi Polwan ke 69 sebagai berikut :

Acara syukuran Hari Jadi Polwan ke 69 tahu 2017 dilaksanakan di Graha Lancang Kuning Polda Kepri pada hari Kamis sekira pukul 10.00 wib oleh Kapolda Kepri Irjen Pol Drs. Sam Budigusdian, MH, Wakapolda Kepri, Irwasda Polda Kepri, Para pejabat utama Polda Kepri dan Kapolres/TA jajaran Polda Kepri, Ketua Bhayangkari Daerah sekaligus Ibu Asuh Polwan Polda Kepri beserta pengurus Bhayangkari Daerah Kepulauan Riau, Danyon dan Wadanyon 136 beserta ibu, Anggota Kowad, Kowal, dan Wara, Para Purnawirawan, Ketua Bhayangkari cabang se-daerah Kepulauan Riau, Polwan jajaran Polda Kepri, dan Para tamu undangan.

Dalam sambutan Kapolda Kepri menyampaikan selamat kepada seluruh anggota Polwan, berkenaan hari jadi Polisi Wanita yang ke-69. Jadikan peringatan syukuran ini sebagai momentum untuk merefleksi diri seraya introspeksi atas kelemahan dan kekurangan selama ini yang berdampak pada nilai pengabdian yang telah dipersembahkan, sekaligus membangun komitmen untuk terus meningkatkan dan menyempurnakan pengabdian untuk hari ini dan hari esok yang lebih baik. Sesuai tema hari jadi Polwan Polwan Profesional, Modern dan Terpercaya demi keutuhan NKRI. Kapolda harapkan tema tersebut bukan hanya sekedar slogan saja, namun benar-benar merupakan tekad yang harus diwujudkan oleh seluruh   Polwan Republik Indonesia  ini. Pembentukan Polwan merupakan salah satu bukti bahwa dalam setiap lini pelayanan Polri selalu berorientasi pada penghargaan dan menghormati hak asasi manusia, yaitu layanan berperspektif gender. Sifat dan kebutuhan tugas Polisionil yang sangat khas yakni senantiasa wajib menjunjung tinggi nilai-nilai etika, menegakkan dan menghormati martabat kemanusiaan, menjadikan keberadaan Polwan sebagai sebuah kebutuhan yang tak terelakan memerlukan pelayanan khusus, yakni perempuan, remaja dan anak yang semakin besar seiring dengan laju perkembangan kejahatan yang semakin kompleks, baik yang potensial dilakukan oleh maupun yang menimpa perempuan dan anak.

Pada saat yang bersamaan, Polwan juga merupakan bagian dari komunitas perempuan Indonesia secara totalitas, sehingga tuntutan terhadap peran dan Kontribusi Polwan kepada kinerja Organisasi Polri, juga merupakan bagian yang tak terpisahkan dari tuntutan peran dan kontribusi Polwan dalam membangun keluarga Indonesia yang tangguh dan memiliki daya tangkal terhadap aneka ketidak-tertiban dan gangguan di lingkungan sosial. Dengan kata lain, ukuran keberhasilan Polwan dalam membangun karier harus berjalan selaras dengan keberhasilan Polwan dalam membangun keluarga, mengingat keluarga adalah komunitas terkecil dan terdepan yang sangat berperan dalam menentukan warna Kamtibmas secara totalitas. Peran Polwan dalam keluarga harus dimaknai secara luas, tidak hanya terbatas pada peran Polwan sebagai isteri atau ibu semata, melainkan lebih dari itu, yakni peran perempuan yang secara kodrati diharapkan mampu memberikan pengaruh positif bahkan menginspirasi berbagai upaya pemberdayaan perempuan dalam komunitas sosial yang lebih besar.

Jelaslah bahwa misi yang diemban Polwan sesungguhnya sangat mulia dan memiliki peluang yang lebih besar seiring dengan implementasi strategi Polmas. Dengan memahami dan benar-benar menghayati konsepsi Polmas dalam perspektif falsafah, lalu mengimplementasikannya sebagai strategi, maka akan sangat memungkinkan Polwan memainkan perannya sebagai Polisi sekaligus sebagai perempuan dalam turut memberdayakan lingkungan sosialnya guna membangun kohesi sosial  yang  memiliki  daya  cegah  dan  daya tangkal terhadap berbagai  bentuk gangguan Kamtibmas.

Penghargaan dan rasa terima kasih yang setinggi-tingginya, kepada seluruh anggota Polwan se-jajaran Polda Kepri atas pengabdiannya yang telah diberikan kepada masyarakat, bangsa dan negara. Selamat bertugas, majulah Polisi Wanita Republik Indonesia. Seraya terus berdo’a semoga Tuhan yang maha esa senantiasa memberikan perlindungan, bimbingan dan kekuatan kepada kita semua. Dengan harapan, para Polisi Wanita Indonesia akan tergerak untuk menjadi Srikandi Bhayangkara yang tangguh dan mampu membawa harum nama besar Polri dalam setiap tugas pengabdian yang dibebankan.(Rilis)

SHARE