Pembukaan Pra TMMD Ke – 100, Tahun 2017 Mako Kodim 0316/Batam

2059

alreinamedia.com – Batam, pada hari jum’at, tanggal 08 September 2017, pukul 09.00 wib, telah berlangsung Upacara Pembukaan Pra TMMD Ke – 100, Tahun 2017, Diwilayah Kodim 0316/Batam, bertempat di Lapangan Bola Kaki Sembulang Kec. Galang.

Dandim 0316/Batam, Letkol Inf Dwi Sasongko SE. Menerangkan adapun amanat dalam Pembukaan Pra TMMD Ke – 100, Tahun 2017, di wilayah Kodim 0316 sbb :
Program TMMD yang dilaksanakan secara rutin dua kali dalam setahun ini, merupakan Program terpadu Lintas Sektoral yang melibatkan TNI, Kementrian, Lembaga Pemerintah Non Kementrian, dan Pemerintah Daerah, serta segenap Masyarakat.
Program TMMD yang dilaksanakan di wilayah Kodim 0316/Batam, di tujukan pada pembangunan sasaran fisik dan pembangunan berbagai sarana dan infrastruktur masyarakat wilayah.

Seperti pembangunan jalan baik pelebaran maupun pemerasan jalan, pembagunan jembatan, pembangunan Drainase , Rehab rumah ibadah, rehab sekolah,rehab rumah tidak layak huni ( RTLH )dan pembangunan Balai desa serta sarana masyarakat lainnya.
Perlu saya sampaikan bahwa salah satu tugas pokok TNI dalam Operasi Militer selain perang ( OMSP ), sebagaimana tertuang dalam UU TNI Nomor 34 tahun 2004, adalah membantu tugas pemerintah di daerah, membantu kesulitan rakyat, memberdayakan masyarakat dan meningkatkan akselerasi pembangunan di daerah.

Kegiatan TMMD ini memiliki dua sasaran pokok, yakni sasaran fisik dan non fisik :
a. Sasaran fisik di prioritaskan untuk pembangunan Infrastruktur sarana dan prasarana yang secara langsung menyentuh kepentingan masyarakat sehingga mampu meningkatkan roda perekonomian masyrakat.
b.  Sasaran Non fisik, diarahkan untuk mendorong tumbuhnya inovasi dan kreativitas masyarakat untuk membangun daerahnya sendiri, serta tumbuh kesadaran untuk memberdayakan potensi daerahnya.

Beberapa hal yang harus dipedomani oleh para prajurit di lapangan :
a.  Penugasan TMMD ini merupakan suatu kehormatan bagi prajurit TNI, oleh karena itu laksanakan secara profesional , penuh keikhlasan dan rasa tanggung jawab.
b. Bangun Soliditas dan sinergritas yang kokoh sesama prajurit TNI , antara TNI dan Polri , aparat pemerintahan dan komponen masyarakat lainya guna mengoptimalkan pelaksanaan TMMD ini.
c. Jadilah contoh sumber Inspirasi dan motivasi bagi masyarakat dalam membangun daerahnya menuju kemandirian.
d.  Hormati dan pahamai adat istiadat dan budaya setempat ,serta lakukan komunikasi yang positif dengan masyarakat setempat.
e.  Manfaatkan segala dukungan secara maksimal , efektif dan efesien.agar penyelenggaraan TMMD dapat berhasil serta berdaya guna sesuai tujuan dan sasaran yang telah ditetapkan. (Toni).

SHARE