McDermott Mendorong Inisiatif Pencegahan HIV di Batam

1956

alreinamedia.com, Batam (12/10/17).
McDermott berkomitmen untuk meningkatkan kesadaran dan upaya pencegahan HIV di Batam.
Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi mewajibkan pengusaha untuk melakukan upaya pencegahan HIV yang komprehensif.
Menurut Pejabat setempat hanya ada dua perusahaan di Batam yang mengikuti peraturan ini dan McDermott adalah salah satunya.
McDermott mengajak perusahaan lain untuk bergabung dengan tujuan mulia ini. PT. McDermott Indonesia (“McDermott”) , berinisiatif sebagai bentuk tanggung jawab sosial perusahaan, memberikan tes HIV gratis kepada pekerja laki-laki di kawasan Pelabuhan laut Batu Ampar.

McDermott melaksanakan Program Pencegahan HIV bersama dengan Dinas Kesehatan Pelabuhan Batam dan Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Batam. Lebih dari XX (angka yang akan diperbarui pada hari yang sebenarnya) orang-orang dari Pelabuhan Laut Batam yang terdiri dari para Supir Truck, Anak Buah Kapal (ABK) dan pekerja bongkar muat akan berpartisipasi dalam kegiatan ini. McDermott telah menjadi salah satu pendorong utama program kesadaran dan pencegahan HIV di Batam sejak 2013. Inisiatif ini sangat penting bagi semua pihak dan pihak berwenang sangat mendukung kegiatan ini dalam rangka menjaga produktivitas dan memberikan wawasan kepada Pekerja di kawasan Pelabuhan tentang bahaya HIV AIDS.

Mengingat risiko penyakit yang dibawa oleh pekerja yang berasal dari daerah lain, Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi telah mengeluarkan PERMENAKERTRANS No. 68 tahun 2004 yang mewajibkan semua pengusaha untuk menerapkan upaya pencegahan HIV yang komprehensif.

Menurut Pejabat setempat hanya ada dua perusahaan di Batam yang mengikuti peraturan ini dan McDermott adalah salah satunya.
Ray Regan, Direktur Operasi Fabrikasi PT McDermott Indonesia – Batam mengatakan, “McDermott sebagai sebuah perusahaan berkomitmen untuk berpartisiapasi aktif dan bertanggung jawab di manapun kami beroperasi. Program pencegahan HIV adalah salah satu dari banyak inisiatif dari PT McDermott Indonesia Batam dan kami akan tetap terus komit dan bekerja sama dengan Pemerintah Kota Batam dan semua stakeholders yang ada untuk berperan aktif mencegah dan menanggulangi penyebaran HIV AIDS di Kota Batam “.

“Kami mengajak rekan-rekan Perusahaan yang ada di Batam untuk bergabung dengan kami dalam program ini. Untuk memberikan kontribusi positif dalam kegiatan ini, karena boleh jadi suatu saat bisa saja mereka bergabung di Perusahaan kita sebagai seorang karyawan, “kata Ray.
Kasus HIV telah meningkat di Batam. Pada tahun 2016 sebanyak 450 dari 3.666 pria yang melakukan tes HIV di berbagai tempat Uji Konseling Sukarela (VCT/Voluntarily Consulting Test) ditemukan positif HIV sedangkan 244 dari 5.093 perempuan diuji HIV-positif. Bagian yang mengkhawatirkan adalah bahwa orang-orang ini berasal dari kelompok usia produktif berusia antara 20 s/d 49 tahun. Rangkaian acara berjalan dengan lancar penuh dengan kekeluargaan.

(Ramadan)

SHARE