Ini Tujuh Cara Ampuh Usir Daging Alot dan Bau Prengus pada Daging Kambing

2175

Alreinamedia.com – Perayaan Idul Adha membuat penyimpanan daging hewan kurban cukup melimpah bagi sebagian besar orang. Biasaya, jumlah penyimpanan daging kambing akan lebih besar dibandingkan dengan daging sapi.

Kendati daging kambing memiliki penggemar yang tak sedikit, namun bau prengus yang masih menempel pada daging membuat orang enggan untuk menikmatinya. Pasalnya, mengolah daging kambing memang tak semudah memasak daging sapi. Jika diolah dengan cara yang salah, daging kambing akan menjadi alot dan menyisakan bau dan rasa prengus saat dihidangkan.

Nah, salah satu cara untuk mengatasinya adalah dengan tidak mencuci daging kambing saat hendak diolah. Pasalnya, mencuci daging kambing sebelum dimasak tak mampu menghilangkan bau prengus, sekaligus membuat teksturnya menjadi lebih alot.

Karena itu, daging kambing sebaiknya jangan dicuci dan langsung merebus dagingnya. Setelah direbus hingga terasa daging empuk, kamu bisa membuang air rebusan daging kambing dan mengolahnya seperti biasa.

Jika tak suka dengan cara tersebut, kamu bisa menggunakan trik lain untuk melunakkan daging sekaligus mengusir bau prengus pada daging kambing. Dilansir dari merdeka.com, berikut 7 trik praktis yang bisa kamu coba di rumah!

1. Buang lemak pada daging
Aroma prengus pada daging kambing ternyata berasal dari lapisan lemak yang menempel pada daging. Nah, kamu bisa menghilangkan lemak tersebut dengan cara mengirisnya. Agar lebih praktis, daging kambing terlebih dahulu didinginkan dalam kulkas. Pasalnya, mengiris lemak dalam kondisi beku akan jauh lebih mudah.

2. Taburi garam
Cara ini ampuh menghilangkan bau prengus, kala daging kambing terlanjur dicuci. Taburan garam pada daging berfungsi untuk menetralisir darah penyebab aroma tak sedap. Balurkan garam ke seluruh permukaan daging, kemudian diamkan selama 1 jam. Cuci kembali daging kambing sebelum diolah.

3. Rebus dengan rempah-rempah
Merebus daging dengan rempah-rempah beraroma wangi merupakan salah satu trik yang bisa dicoba. Kamu bisa menggunakan daun jahe, serai atau kemangi. Cara ini sangat pas bagi kamu yang lebih suka mencuci daging kambing terlebih dahulu sebelum dimasak.

4. Baluri daging dengan parutan nanas
Selain menghilangkan bau prengus, getah nanas yang tajam dapat dimanfaatkan untuk melunakkan daging kambing yang alot. Caranya, lumuri daging kambing mentah dengan parutan nanas dan diamkan selama 30 menit. Setelah itu, kamu bisa mengolah daging kambing sesuai selera.

5. Baluri dengan parutan buah pir
Tak hanya nanas, buah pir juga bisa dimanfaatkan untuk mengolah daging kambing agar tak bau prengus dan alot. Tak jauh berbeda dengan nanas, balurkan saja parutan buah pir pada seluruh bagian daging.

6. Lumuri dengan jeruk nipis
Jeruk nipis memiliki manfaat berlipat dalam pengolahan daging kambing. Selain melunakkan daging dan menghilangkan bau amis, air perasan jeruk nipis mampu membasmi bakteri yang ada menempel pada daging kambing. Caranya, lumuri daging kambing dengan perasan air jeruk nipis, dan diamkan selama 30 menit. Setelah itu, daging kambing dapat diolah sesuai selera.

7. Bungkus dengan daun pepaya
Tak hanya sebagai sayuran, daun pepaya bisa kamu manfaatkan untuk menghilangkan bau prengus sekaligus melembutkan daging kambing. Saat daging dibungkus dengan daun ini, enzim yang ada di dalamnya akan bekerja melembutkan daging kambing. Selain daun pepaya, kamu juga bisa memanfaatkan daun jambu atau daun jati untuk membungkusnya.

SHARE