Diharapkan Kepala BP Batam yang Baru Membawa Perubahan

2902

Batam – Sidang pleno Dewan Kawasan Pelabuhan Bebas Perdagangan Bebas Batam menetapkan Lukita Dinarsyah Tuwo sebagai Kepala Badan Pengusahaan (BP) Batam. Sekretaris Menko Perekonomian tersebut menggantikan Hatanto Reksodipoetro. Selain kepala, lima deputi BP Batam juga dirombak.

Wakil

Walikota Batam, Amsakar Achmad pergantian gerbong pimpinan BP Batam ini diharapkan membawa perubahan di tubuh instansi yang dulu bernama Otorita Batam tersebut.

 

“Saya berkali-kali ikut rapat yang dipimpin Pak Lukita. Ia selalu meminta pendapat mitra disuksi sebagai bagian upaya mengumpulkan informasi. Pak Lukita ini bicara keras dengan Pemko ketika menganggap itu harus. Sama halnya bicara ke BP Batam. Soal aset misalnya, katanya apa lagi, Masjid Baiturahman serahkan ke Pemko, alun-alun ini kenapa dipertahankan juga,” papar Amsakar di Sekupang, Selasa (17/10).
Menurutnya, Lukita sangat objektif dan kaya pengalaman karena pernah menduduki berbagai posisi jabatan. Dengan pengalaman tersebut diharapkan bisa mewarnai perjalanan Batam ke depan.
“Saya optimis Pak Lukita bisa membangun komunikasi yang positif di internalnya dan di lingkungan eksternalnya. Saya yakin Perka-perkanya (peraturan kepala BP Batam) tidak akan gegabah. Pasti akan koordinasi dengan berbagai stakeholder,” kata dia.
Koordinasi positif konstruktif dengan beberapa pemangku kepentingan di daerah menjadi harapan pertama dengan ditunjuknya Lukita sebagai Kepala BP Batam. Koordinasi diperlukan dalam konteks membangun investasi dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi.
Harapan kedua, terkait penyerahan aset dari BP Batam kepada Pemko Batam. Amsakar berharap dengan pimpinan baru ini masalah aset bisa betul-betul diselesaikan.
“Ketiga, harapannya ada upaya membangun kesepahaman mengenai wilayah kerja antar kami (Pemko) dengan BP Batam. Kami harap jadi input bagi Kementerian. Kita ingin pada tataran regulasi ada pembahasan bersama. Untuk meng-input pemerintah level lebih tinggi dalam mendesain perkembangan Kota Batam,” ujarnya.
“Mari kita dukung Pak Lukita untuk membuat terobosan yang memang untuk kemaslahatan bersama,” sambungnya.

SHARE