Dampak Memiliki Orang Tua Perokok Terhadap Anak

11

Silletnews.com. Jakarta –  Banyak yang berpikir bahwa rokok hanya akan membahayakan perokok aktif. Padahal asap rokok itu berbahaya bagi semua orang. Bahkan, memiliki orang tua perokok aktif maupun pasif juga berdampak buruk bagi bayi yang belum lahir dan anak.

Perokok pasif mendapatkan bahaya rokok baik melalui asap tangan kedua maupun asap  tangan ketiga. Asap tangan kedua artinya asap rokok yang dikeluarkan oleh perokok aktif atau asap dari rokok yang menyala.

Asap ketiga sendiri merujuk pada sisa-sisa partikel rokok, seperti nikotin, tar, dan racun lainnya. Sisa-sisa partikel ini biasanya menempel di baju, rambut, furnitur, dan benda-benda lainnya yang berada di dalam ruangan.

Orang tua perokok membuat kesehatan anak menjadi terancam. Apalagi, anak-anak akan berpikir bahwa merokok itu tidak apa-apa. Tak heran bila anak yang tumbuh dengan orang tua perokok akan lebih mudah untuk merokok.

Pada kehidupan dewasanya, anak perokok asap tangan kedua akan mengalami beberapa masalah pada kesehatan. Seperti perkembangan paru yang kurang baik, kanker paru, penyakit jantung, dan katarak.

Menurut sebuah studi, sebagian besar perokok (90%) mulai merokok ketika mereka masih anak-anak atau di bawah 18 tahun. Sepertiga dari mereka akan meninggal karena penyakit akibat rokok.

Sementara itu, pada anak-anak, menghirup asap rokok dapat menyebabkan asma, batuk dan pilek berkepanjangan yang susah sembuh, infeksi saluran pernapasan, infeksi telinga, kerusakan gigi, dan sindrom kematian bayi mendadak atau sudden infant death syndrome (SIDS).

Terpapar asap rokok ketika hamil, baik secara aktif maupun pasif, juga membahayakan kesehatan janin. Hal tersebut dapat menyebabkan keguguran, kelahiran prematur, berat badan lahir rendah, SIDS, serta attention deficit hyperactivity disorder (ADHD).

Orang tua perokok membuat kesehatan mereka dan anak terancam. Berhentilah merokok sekarang juga agar Anda dan keluarga lebih sehat!.[RS/RVS]

 

Nara sumber : Klikdokter.com

 

 

 

 

 

 

 

SHARE